Cara Memasang CDI Di Motor Vespa Sebagai Pengganti Platina
Cara Memasang CDI Di Motor Vespa - Salam seger waras buat sobat duniamotor.net semua nah kali ini duniamotor akan berbagi tips yang bisa dibilang cukup memudahkan penggguna vespa terutama vespa tahun tua, ya kenapa memudahkan karena kali ini kita akan membahas cara merubah pengapian vespa dari yang dulunya platina menjadi cdi.
Seperti pada umumnya skuter model lawas dari piaggio ini memang sampai saat ini masih eksis menghiasi jalanan di indonesia, nah dari kesekian banyak pengguna vespa banyak pula yang sudah merubah pengapian vespa menjadi cdi dengan alasan lebih mudah dan juga praktis serta efisien untuk motor skuter lawas ini. Sedangkan untuka cara memasang cdi di motor vespa terbilang susah susah gampang kerena membutuhkan ketelatenan dan konsentrasi.
Biaya yang di keluarkan untuk memasang cdi ke motor vespa terbilang ga mahal kok kecuali kalau bro bro duniamotor ingin beli jenis cdi original vespa yang harga nya mencapai 400 ribuan lebih, kelebihan penggunaan cdi pada motor vespa bisa di rasakan nanti setelah motor selesai mengadopsi tipe kelistrikan cdi dan bukan platina lagi ( platina-an kesel bro, ndadak setal setel teros ) hehe. Bro rudi salah satu teman dari duniamotor.net telah berhasil merubah platina vespa menjadi cdi dia memasang cdi shogun ke vespa miliknya dan memang motor bro rudi sudah tidak sering rewel lagi pada pengapiannya, seperti apa atau bagaimana cara memasang cdi di motor vespa ? langsung aja kita ulas dah bro.
Nah, cara merubah kelistrikan vespa dari platina ke cdi bisa sobat lakukan dengan beberapa tahapan, silahkan sobat pelajari dengan teliti, sekali lagi teliti ( ojo mek di scrool wae layar e,) di baca sampai tuntas biar nambah ilmunya. Ok.
# Membuat dudukan fulser untuk motor vespa sobat
Kalau bro mau memasang cdi rc ke vespaga usah bikin dudukan fulser karena fulser udah menyatu sama cdi nya, tapi kalau mau pakai cdi jenis lain ya harus bikin dudukan fulser. Lihat foto berikut ini.
# Menggulung ulang Spul Vespa
Ya harus, namanya mau ganti pengapian atau kelistrikan ya gulung ulang spul nya biar nanti pengapiannya bisa norma jaya tanpa kendala hokya hokya, nah untuk menggulung spul bisa sobat berikan kepada ahlinya saja atau kalau kepingin gulung sendiri ya monggo, sebelumnya kami juga pernah membahas tentang cara menggulung spul motor silahkan di pelajari bila dirasa perlu.
Maksud dari menggulung ulang spul di sini adalah menggulung bagaian cdi nya saja bro karena kan kita mau ganti platina ke cdi tapi kalau kepingin gulung ulang semuanya ya mangga aja atuh. Kawat email atau kawat tembaga yang disarankan berukuran 0,45 mm dengan jumlah lilitan mencapai 1700 lilitan ( klenger ora we) semakin kecil ukuran kawat maka semakin banyak jumlah lilitannya dan begitu sebaliknya semakin besar juga semakin dikit jumlah lilitannya.
# Lebih baik ganti koil baru
Untuk koil sendiri sebenarnya tidak terlalu di rekomendasikan cuma agar lebih aman ganti aja sama yang baru bro. ( modal lagi : ).
Kalau semua langkah merubah platina vespa ke cdi diatas sudah beres selanjutnya ya di pasang bro.
# Pemasangan fulser
Menggunakan lubang bekas platina menjadi dudukan fulser baru yang sudah di rakit tadi. Lihat gambar biar jelas.
# Pemasangan Spul cdi dan spul lampu
Susah kalau di jelasin mending liat gambar aja biar mudah di pahami, Ok sok mangga di liat.
# Penambahan Dioda
Dioda berfungsi untuk menahan arus supaya tidak terjadi kelebihan muatan yang menuju cdi, letak pemasangan dioda ini pada kabel body masa ke cdi, ati ati jangan terbalik ya guys nanti motor nya kagak nyala. Dioda yang digunakan untuk mengganjal arus ini tipe nya IN4003.
# Memasang kabel CDI
Ini di yang rada pusing, tapi tenang bro berikut ini ane beri tutor nya.
Selesaiiiii..
[irp posts="12" name="Tips Mudah Korek Setting Vespa 2T Untuk Harian Lebih Gesit"]
Ok, demikian tadi ulasan kita pada tema " Cara Memasang CDI Di Motor Vespa Sebagai Pengganti Platina " semoga bermanfaat.
Lihat modifikasi vespa aja dulu bro !!
Modifikasi Vespa Paling Keren
[irp posts="952" name="Harga Jok Vespa All Merk Terbaru Dan Terlengkap"]
Seperti pada umumnya skuter model lawas dari piaggio ini memang sampai saat ini masih eksis menghiasi jalanan di indonesia, nah dari kesekian banyak pengguna vespa banyak pula yang sudah merubah pengapian vespa menjadi cdi dengan alasan lebih mudah dan juga praktis serta efisien untuk motor skuter lawas ini. Sedangkan untuka cara memasang cdi di motor vespa terbilang susah susah gampang kerena membutuhkan ketelatenan dan konsentrasi.
Biaya yang di keluarkan untuk memasang cdi ke motor vespa terbilang ga mahal kok kecuali kalau bro bro duniamotor ingin beli jenis cdi original vespa yang harga nya mencapai 400 ribuan lebih, kelebihan penggunaan cdi pada motor vespa bisa di rasakan nanti setelah motor selesai mengadopsi tipe kelistrikan cdi dan bukan platina lagi ( platina-an kesel bro, ndadak setal setel teros ) hehe. Bro rudi salah satu teman dari duniamotor.net telah berhasil merubah platina vespa menjadi cdi dia memasang cdi shogun ke vespa miliknya dan memang motor bro rudi sudah tidak sering rewel lagi pada pengapiannya, seperti apa atau bagaimana cara memasang cdi di motor vespa ? langsung aja kita ulas dah bro.
Trik Merubah Kelistrikan Vespa Dari Platina Ke CDI
Nah, cara merubah kelistrikan vespa dari platina ke cdi bisa sobat lakukan dengan beberapa tahapan, silahkan sobat pelajari dengan teliti, sekali lagi teliti ( ojo mek di scrool wae layar e,) di baca sampai tuntas biar nambah ilmunya. Ok.
# Membuat dudukan fulser untuk motor vespa sobat
Kalau bro mau memasang cdi rc ke vespaga usah bikin dudukan fulser karena fulser udah menyatu sama cdi nya, tapi kalau mau pakai cdi jenis lain ya harus bikin dudukan fulser. Lihat foto berikut ini.
# Menggulung ulang Spul Vespa
Ya harus, namanya mau ganti pengapian atau kelistrikan ya gulung ulang spul nya biar nanti pengapiannya bisa norma jaya tanpa kendala hokya hokya, nah untuk menggulung spul bisa sobat berikan kepada ahlinya saja atau kalau kepingin gulung sendiri ya monggo, sebelumnya kami juga pernah membahas tentang cara menggulung spul motor silahkan di pelajari bila dirasa perlu.
Maksud dari menggulung ulang spul di sini adalah menggulung bagaian cdi nya saja bro karena kan kita mau ganti platina ke cdi tapi kalau kepingin gulung ulang semuanya ya mangga aja atuh. Kawat email atau kawat tembaga yang disarankan berukuran 0,45 mm dengan jumlah lilitan mencapai 1700 lilitan ( klenger ora we) semakin kecil ukuran kawat maka semakin banyak jumlah lilitannya dan begitu sebaliknya semakin besar juga semakin dikit jumlah lilitannya.
# Lebih baik ganti koil baru
Untuk koil sendiri sebenarnya tidak terlalu di rekomendasikan cuma agar lebih aman ganti aja sama yang baru bro. ( modal lagi : ).
Merakit Komponen CDI Vespa
Kalau semua langkah merubah platina vespa ke cdi diatas sudah beres selanjutnya ya di pasang bro.
# Pemasangan fulser
Menggunakan lubang bekas platina menjadi dudukan fulser baru yang sudah di rakit tadi. Lihat gambar biar jelas.
# Pemasangan Spul cdi dan spul lampu
Susah kalau di jelasin mending liat gambar aja biar mudah di pahami, Ok sok mangga di liat.
# Penambahan Dioda
Dioda berfungsi untuk menahan arus supaya tidak terjadi kelebihan muatan yang menuju cdi, letak pemasangan dioda ini pada kabel body masa ke cdi, ati ati jangan terbalik ya guys nanti motor nya kagak nyala. Dioda yang digunakan untuk mengganjal arus ini tipe nya IN4003.
# Memasang kabel CDI
Ini di yang rada pusing, tapi tenang bro berikut ini ane beri tutor nya.
- Kabel warna hitam,merah merupakan Input CDI. Hubungkan sama kabel spul CDI.
- Kabel putih,hijau merupakan input fulser CDI. Hubungkan sama ke kabel spul fulser CDI.
- Kabel hitam sambungkan ke masa, terserah mau di tempelkan dimana yang penting masih bahan besi dan nge-ground.
- Kabel orange merupakan output dari CDI. Sambungkan sama kabel warna hitam,putih buat bikin stop kontak.
Selesaiiiii..
[irp posts="12" name="Tips Mudah Korek Setting Vespa 2T Untuk Harian Lebih Gesit"]
Ok, demikian tadi ulasan kita pada tema " Cara Memasang CDI Di Motor Vespa Sebagai Pengganti Platina " semoga bermanfaat.
Lihat modifikasi vespa aja dulu bro !!
Modifikasi Vespa Paling Keren
Modifikasi Vespa Paling Keren
[irp posts="952" name="Harga Jok Vespa All Merk Terbaru Dan Terlengkap"]
sangat bermanfaat dan juga membantu bro, untuk kasus motor ane yang bebek sering ngadat saat di gas ada solusinya ga ya ? mohon pencerahannya.
ReplyDeleteOk bro, silahkan bro blistru baca aja artikel ini mengatasi motor 4 tak dan 2 tak yang brebet semoga bisa membantu menyelesaikan permasalah bro blistru ya.ok terimakasih
ReplyDelete